Selasa, 11 September 2012

Strategi Pemasaran Untuk Mengoptimalkan Pasar Lokal

Menyusun strategi pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah usaha. Baik itu usaha kecil, menengah, maupun perusahaan besar, semuanya membutuhkan dukungan strategi pemasaran untuk bisa mencapai puncak suksesnya.
Sebagai pelaku usaha, tentunya banyak cara serta media yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah jalannya pemasaran bisnis. Mulai dari pengoptimalan pasar lokal, memperluas pasar nasional, hingga pada akhirnya menjangkau pasar ekspor untuk bersaing dengan pelaku bisnis lainnya di kancah internasional.
Namun, sebelum Anda memperluas pasar nasional dan terjun langsung ke persaingan pasar internasional, tidak ada salahnya bila Anda mencoba mengoptimalkan pasar lokal terlebih dahulu untuk memperkuat brand produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, berikut kami informasikan beberapa strategi pemasaran untuk mengoptimalkan pasar lokal, sebelum akhirnya Anda memperluas pemasaran produk Anda.

1. Mulailah dengan memasang iklan di majalah maupun surat kabar lokal
Salah satu media promosi yang bisa Anda manfaatkan untuk memasang iklan yaitu majalah, atau surat kabar lokal di daerah Anda. Strategi ini cukup efektif mengingat majalah serta surat kabar selalu terbit secara rutin, sehingga peluang Anda untuk mendapatkan konsumen cenderung lebih besar. Disamping itu, keberadaan surat kabar harian juga menjadi salah satu sumber informasi bagi masyarakat di suatu daerah, sehingga tidak heran bila setiap majalah maupun surat kabar lokal memiliki jumlah pembaca yang cukup besar.
 
papan reklame 200x129 Strategi Pemasaran Untuk Mengoptimalkan Pasar Lokal2.Memasang iklan di papan reklame
Ketika melewati jalan raya maupun tempat keramaian yang cukup strategis, sering kita temui berbagai macam penawaran iklan menarik yang terpasang di papan-papan reklame. Strategi inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan produk atau jasa Anda kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di kota Anda. Pilih tempat yang strategis dan buatlah baner iklan yang menarik, sehingga para pengguna jalan bisa mengetahui informasi iklan yang Anda pasang.

3. Menjadi sponsor bagi kegiatan di lingkungan sekitar
Untuk menarik simpati masyarakat lokal, Anda bisa memulainya dengan menjadi sponsor utama bagi kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di sekitar lokasi usaha Anda. Misalnya saja dengan memberikan produk gratis sebagai doorprize di acara tersebut, atau menjadi salah satu donatur yang memberikan sumbangan dana untuk membantu operasional acara. Melalui strategi tersebut, Anda bisa mendekatkan diri kepada para konsumen serta memperkenalkan produk atau jasa yang Anda miliki kepada khalayak ramai.




4. Membagikan brosur, atau pamflet di tempat umum
Disamping memasang iklan dan memberikan manfaat bagi para konsumen, Anda juga bisa mempromosikan produk atau jasa Anda di pasar lokal dengan cara membagikan brosur atau pamflet di tempat-tempat umum. Melalui brosur serta pamflet yang Anda bagikan, masyarakat lokal bisa mengetahui kualitas produk atau jasa yang ditawarkan serta mengetahui dimana mereka bisa mendapatkan produk-produk tersebut. Sehingga bisa dipastikan bila peluang Anda untuk mendapatkan omset besar setiap bulannya semakin terbuka lebar.

5. Mengenalkan logo maupun slogan produk Anda di setiap kesempatan
Strategi yang kelima yaitu berusaha mengenalkan logo atau slogan perusahaan kepada masyarakat luas. Istilah “Tak kenal maka tak sayang.” perlu kita terapkan untuk mengambil hati para konsumen. Mulailah dengan membiasakan diri untuk mengenakan segala macam atribut yang mencantumkan logo atau slogan perusahaan Anda. Misalnya saja mengenakan baju seragam yang dilengkapi dengan logo perusahaan, memasang stiker logo/slogan perusahaan di mobil atau aset kendaraan kantor, atau mengenakan tas maupun pin yang begambarkan logo perusahaan. Ketahuilah bahwa dari hal-hal kecil seperti ini, bisa mendorong rasa penasaran masyarakat sehingga mereka tertarik untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga lambat laun akan terbangun brand image yang semakin kuat.

Cukup mudah bukan? Mulailah dari hal-hal yang terkecil, sebelum akhirnya Anda menjalankan strategi yang lebih besar. Jangan pernah lelah untuk berusaha, dan ciptakan strategi-strategi baru untuk meningkatkan pemasaran bisnis Anda. Selamat berkarya dan salam sukses. Maju terus UKM Indonesia !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar